Tips Membuat Key Perfomence Indicator (KPI)

KPI dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai target dalam pencapaian kerja. Baik pencapaian perusahaan, unit, maupun individu. KPI membantu perusahaan dalam merumuskan dan mengukur kemajuan secara Scientific, Measurable, Achievable, Reliable, Time Bound (Smart). Dibawah ini kami sajikan tips dalam membuat key performence indicators (KPI) yang baik.

Scientific
KPIharus bersifat khusus, unik dalam merefleksikan tujuan-tujuan perusahaan. Jadi perusahaan dimunginkan memiliki KPI organisasi yang berbeda dengan perusahaan lainnya.

Measurable
Indikator pekerjaan tidak akan bisa berjalan objektif jika tidak dapat diukur tingkat keberhasilannya. KPI harus memiliki 2 nilai :
  • Jumlah produksi, dalam ton / unit / persentase
  • Rata rata komplain pelanggan, dalam jumlah komplain / persentase kerugian akibat komplain
  • Jumlah kecelakaan kerja, dalam jumlah kecelakaan
Achieveable
Titik ini sangat penting. Bahwa target-target bisa dicapai masing-masing individu dalam perusahaan tersebut. Bisa dicapai tidak harus banyak, realistis sehingga tidak terlalu rendah, namun juga tidak terlalu tinggi.

Reliable
Dapat diandalkan. Artinya KPI harus esensial dalam mencapai tujuan perusahaan.

Time Bound
Asepk berupa target pencapaian waktu yang dapat menjadi acuan kinerja.



Share this :

Previous
Next Post »