Membahas tentang psikologi, kita akan disibukkan dengan macam macam tes psikologi yang dikembangkan ilmuan psikologi terkemuka. Hari ini kami akan posting tentang macam macam tes psikologi berikut fungsinya. Semoga sajian kami ini memberikan referensi bagi anda, bahwa tes psikologi itu banyak macamnya.
NO
|
NAMA ALAT
|
FUNGSI
|
INTELEGENSI
| ||
1
|
WAIS
|
Tes Intelegensi usia 16 tahun ke atas, individual
|
2
|
BINET
|
Tes Intelegensi anak usia 2-12 tahun, individual
|
3
|
WPPSI
|
Tes Intelegensi anak usia 4-6 tahun, individual
|
4
|
WISC
|
Tes Intelegensi anak usia 5-15 tahun, individual
|
5
|
IST
|
Tes Intelegensi, klasikal
|
6
|
CPM
|
Tes Intelegensi, klasikal, non verbal, anak-anak, dewasa lemah mental, lansia
|
7
|
SPM
|
Tes Intelegensi, remaja sampai dewasa
|
8
|
CFIT 3A
|
15 tahun ke atas, orang dewasa normal. Mengukur faktor kemampuan mental (‘g’ factor)
|
9
|
CFIT 3B
|
15 tahun ke atas, orang dewasa normal
|
10
|
CFIT 2A
|
8-14 tahun, orang dewasa retarded (terbelakang)
|
11
|
CFIT 2B
|
8-14 tahun, orang dewasa retarded (terbelakang)
|
12
|
APM
|
Tes Intelegensi, mahasiswa dan sarjana, anak-anak gifted (berbakat)
|
13
|
WB
| |
14
|
TINTUM A
|
Tes Intelegensi, Klasikal
|
15
|
TINTUM B
| |
16
|
TIKI DASAR
|
SD kelas 6 sampai kelas 3
|
17
|
TIKI TINGGI
|
Lulus SMA, Mahasiswa dan Sarjana
|
KEPRIBADIAN
| ||
18
|
EPPS
|
Tes yang mengungkap kebutuhan-kebutuhan
|
19
|
PAPI KOSTIG
|
Tes mengungkap : watak, kepemimpinan, gaya kerja, arah kerja, aktifitas, pergaulan, ketaatan
|
20
|
16PF
|
Usia 16 tahun ke atas. Untuk kelompok pekerja, karyawan, orang dewasa normal, dan orang berpendidikan formal
|
21
|
EYSENCK
|
Mengukur kejujuran
|
22
|
MSDT
|
Mengungkap gaya manajemen
|
23
|
WWQ
|
Mengukur kecenderungan gangguan mental
|
24
|
MMPI
|
Mengukur kecenderungan gangguan mental
|
MBTI
|
Mengukur kecenderungan sifat manusia
| |
25
|
DISC
|
Mengungkap gaya kerja seseorang
|
BAKAT MINAT
| ||
26
|
RMIB PRIA
|
Tes Minat
|
27
|
RMIB WANITA
| |
28
|
RMIB PERUSAHAAN
| |
29
|
TKV
|
Untuk mengidentifikasi potensi kreatif seseorang
|
30
|
TKF
|
Untuk menilai kelancaran, fleksibilitas, originalitas dan elaborasi (aspek kreatifitas)
|
31
|
TKD
|
Tes Kemampuan Dasar
|
32
|
TES E
|
Mengukur kemampuan dalam bidang mekanik
|
33
|
PTP
|
Mengungkap kemampuan seseorang dalam bidang teknik
|
34
|
EKPRESI
|
Mengungkap kemampuan bahasa
|
35
|
PEMAHAMAN
|
Kemampuan membaca dan memahami untuk melihat alasan yang logis serta mengambil keputusan dengan menangkap makna dari situasi yang praktis
|
36
|
TABLE
|
Kemampuan membaca tabel
|
37
|
BERHITUNG
|
Mengukur bakat berhitung
|
38
|
MEKANIK
|
Daya penalaran dibidang kerja mekanik dan prinsip fisika
|
39
|
MERAKIT OBYEK
|
Mengukur kemampuan untuk mengenal, mengetahui dan membayangkan bentuk suatu obyek yang disusun dari bagian tertentu yang dipisah
|
40
|
ADKUDAG
|
Tes kemampuan dibidang akuntansi dan perdagangan
|
41
|
KOMPONEN
|
Mengukur kemampuan mengidentifikasi komponen-komponen yang penting
|
42
|
MEMPERSAMAKAN PERKAKAS
|
Mengukur kemampuan atau kecermatan dalam pengamatan
|
43
|
LOGIKA VERBAL
|
Mengukur pemahaman verbal
|
44
|
DASAR PENGERTIAN MEKANIK/C3
|
Mengukur faktor pandang ruang dan mengukur penalaran numeric
|
45
|
RUANG BIDANG
|
Mengukur kemampuan berpikir secara visual dari bentuk geometris memahami gambar dari dua dimensi untuk menjadi tiga dimensi
|
46
|
TES E”NEW”
|
Mengukur kemampuan dibidang mekanik
|
47
|
TES POLA/B3
|
Mengungkap kemampuan mengenal barang konkrit melalui proses penglihatan khususnya mengenal barang secara tiga dimensi
|
48
|
TES KECENDERUNGAN MINAT / KUDER NEW
|
Mengetahui minat individu terhadap bidang pekerjaan atau bidang studi
|
49
|
TES PENALARAN
|
Mengukur kemampuan penalaran
|
50
|
TES CEPAT TELITI
|
Mengukur respon subyek terhadap tugas-tugas yang menyangkut kecepatan persepsi, kecepatan respon terhadap kombinasi huruf dan angka, ingatan yang sifatnya tidak lama
|
51
|
KRAEPLIN 15’
|
Mengukur kecepatan, ketelitian, keajegan dan daya tahan stress
|
52
|
KRAEPLIN 30’
| |
53
|
PAULI
| |
54
|
RORCHACH
|
Tes proyektif, individual. Diperuntukkan bagi remaja sampai dengan orang dewasa yang mengungkap kebutuhan. Pengguna membutuhkan kemampuan komunikasi
|
55
|
TAT
|
Tes proyektif, individual. Diperuntukkan bagi remaja sampai dengan orang dewasa yang mengungkap kebutuhan. Pengguna membutuhkan kemampuan komunikasi
|
56
|
CAT
|
Mengungkap kebutuhan anak usia 7 tahun ke atas (human) dan anak-anak (balita)
|
57
|
HAND TES
| |
LAIN-LAIN
| ||
58
|
PER-R ALAT
|
Mengukur profile perkembangan anak-anak usia 0-7 tahun
|
59
|
PER-R LJ
| |
60
|
SNIJDERS-OOMEN NON VERBAL INTELLEGENSE SCALE
| |
61
|
DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENGENALI 4 FAKTOR KEPRIBADIAN CALON KARYAWAN BY JOHN DRAKE
| |
62
|
ORIENTASI DIRI DALAM KERJA KELOMPOK
| |
63
|
PERTANYAAN PRIBADI (KLINIS DAN KONSELING)
| |
64
|
ADHAD RATING SCALE
|
Mengukur gejala hiperaktivitas dan keselitan konsentrasi pada anak-anak
|
65
|
BOURDON TEST
|
Mengukur kecepatan kerja untuk tugas rutin dan monoton, melihat ketelitian kerja, melihat daya tahan dalam bekerja dan proses belajar elementer, indikasi gangguan senso-motoris, gangguan emosi pada kasus klinis
|
66
|
CARS (CHILDOOD AUTISM RATING SCALE) DAN LJ
|
Mengukur terstruktur untuk calon tenaga kerja
|
67
|
BERPIKIR KREATIF DENGAN GAMBARAN BY TORRANCE LJ
|
Tes mengukur kreatifitas
|
68
|
TORRANCE TEST OF CREATIVE THINKING MANUAL BOOL
| |
69
|
SCHEDULE OF RECENT EXPERIENCE
| |
70
|
ORIENTASI DIRI DALAM KERJA KELOMPOK
| |
71
|
DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENILAI CALON TENAGA KERJA
| |
72
|
SKALA TINGKAH LAKU ADAPTIF VINELAND (VABS FORM)
| |
73
|
MPFB ALAT
| |
74
|
MPFB LJ
| |
75
|
TES MINAT GAMBAR GHEIST (PEREMPUAN)
|
Jawaban yang diberikan akan menceritakan tentang pekerjaan dan hobi yang paling disukai
|
76
|
BDI FORM
|
Mengukur remaja depresi ke atas
|
77
|
SDS MANUAL BOOK
|
Mengetahui minat terhadap pekerjaan
|
78
|
SDS ASSESSMENT BOOKLET
| |
79
|
OMNI-BARKELEY-FORM
| |
80
|
NST MANUAL
|
Mengukur kesiapan sekolah (anak usia 6 tahun ke atas)
|
81
|
NST LJ
| |
82
|
NST FORM A
| |
83
|
MANUAL NEO PR
| |
84
|
NEO PR ITEM BOOKLET
| |
85
|
NEO PR LJ
|